BPSILHK Makassar

SD Dunia Anak Islam Makassar Mengenal Hutan Indonesia di Balai Litbang LHK Makassar

BP2LHK Makassar (24/04/2019)_Bentang alam indonesia sangatlah luas dari sabang sampai Merauke terhampar begitu luas hutan-hutan yang memiliki banyak fungsi. Seperti sumber persediaan makanan, lahan pertanian, penangkal banjir dan longsor, hingga sebagai rumah tinggal makhluk hidup. Karena hutannya yang luas tersebut Indonesia berada di urutan ketiga dengan hutan hujan tropis terluas setelah Brazil dan Kongo. Menurut data Forest Watch Indonesia (FWI), Lembaga independen pemantau hutan Indonesia, sejumlah 82 Hektare luas daratan Indonesia masih tertutup hutan (2018).

SD Dunia Anak Islam Makassar melakukan Outing class atau kunjungan belajar di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Makassar (16/04/2019) untuk mengenal manfaat hutan bagi siswa/siswi yang berjumlah 59 orang, agar di usia nya yang relative masih dini itu mengetahui akan manfaat hutan bagi dirinya sendiri, dan keluarganya sehingga lebih peduli terhadap lingkungan khususnya menjaga hutan .

Tema Kunjugan Belajar SD Dunia anak Islam adalah Hutan Kita, Masa Depan Kita. Sesuai tema, BP2LHK Makassar mengenalkan manfaat hutan dan pelestarian lingkungan bagi seluruh makhluk hidup.  Siswa dan siswi tersebut dibagi dalam 3 kelompok yang tiap kelompoknya di arahkan pada 3 lokasi secara paralel (lokasi demplot Urban Farming pemateri Ade Suryaman S.Hut dan Muh Sa’ad, S.Hut, lokasi Persemaian oleh Abd Qudus Toaha, S.Hut dan lokasi Arboretum oleh Fajri  Ansari, S.Hut).

Mulai dari cara pengolahan sampah di Urban farming, mengenal jenis-jenis pohon dan manfaat nya di Arboretum serta pengenalan bibit di persemaian. yang dijelaskan secara ringan sehingga para siswa mudah untuk memahami dan menangkap penjelasan dari  pemateri.

Pada bagian lain, diperkenalkan juga film flora dan fauna yang ada di dalam hutan. Dengan menjaga keberadaan dan kelestariannya, maka hutan indonesia akan semakin produktif untuk menunjang kehidupan banyak mahluk hidup.

Menjaga dan melesatarikan hutan merupakan tanggung jawab bersama, khususnya anak – anak sebagai penerus bangsa ini sangatlah penting untuk diperkenalkan arti pentingnya Hutan dan demi tetap hijaunya hutan Indonesia. Karena hutan Indonesia bukan hanya milik kita, tetapi milik anak cucu kita di masa yang akan datang. *** (IKI)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top