BPSILHK Makassar

Apel Peringatan HUT SPORC KE 14 , Menjaga Hutan Indonesia Adalah Harga Mati.

BP2LHK Makassar(7/01/2019)_ Satuan Polisi Reaksi Cepat atau kita kenal dengan Sebutan SPORC menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Ulang tahunnya ke 14 pada senin 6 Januari 2020 yang awalnya dijadwalkan akan dilaksanakan di Lapangan Upacara Balai Diklat LHK Makassar namun karena hujan yang mengguyur deras, panitia pelaksanakan pun memindahkannya ke AULA BDLHK Makassar. Peringatan HUT SPORC ke 14 ini mengambil tema “Integritas,Profesionalisme,Responsif,Peduli adalah harga mati Indonesia Maju”.

Peringatan HUT SPORC ini dilaksanakan serentak pada 16 Brigade di seluruh Indonesia, Sejak awal pembentukannya 4 Januari 2006, Satuan Polhut Reaksi Cepat disingkat SPORC berperan aktif dalam penanggulangan kerusakan. Sudah berbagai prestasi ditorehkan dari penanganan illegal logging, perdagangan TSL Illegal, perambahan hutan dan lain sebagainya.

Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum LHK Sulawesi Kurniawan Dody Kurniawan, S.Pt, MH yang menyampaikan sambutan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong. Dimana isi nya Wamen mengapresiasi kinerja baik yang dilakukan jajaran Direktorat Jenderal Penegakan Hukum LHK, KLHK dan Wamen juga meminta semua pihak untuk turut menjaga dan merawat kawasan hutan dan keanekaragaman hayati Indonesia. “Menjaga keunggulan komparatif yang kita miliki akan meningkatkan daya saing Indonesia, ini merupakan tugas mulia kita semua” kata Dody Kurniawan dalam sambutan yang dibacakannya tegas dan bangga.

Wamen LHK Alue Dohong juga mengingatkan walaupun sudah banyak kerja yang dilakukan, SPORC harus tetap menjaga dan meningkatkan kerja kerasnya agar harapan dan kepercayaan publik kepada KLHK semakin meningkat. “Publik berharap kepada kita untuk dapat menyelesaikan permasalahan kejahatan lingkungan hidup dan kehutanan yang terjadi saat ini. Harapan publik ini harus kita jawab dengan kerja-kerja yang lebih baik dan konsisten”, pinta Wamen Alue Dohong.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Seluruh satker KLHK Sulawesi Selatan, nampak hadir Kooordinator Wilayah Satker LHK Sulawesi Selatan Kepala Balai Litbang LHK Makassar, Kepala Pusat P3E Sulawesi dan Maluku ,Kepala Balai Besar KSDA bersama para Kepala Balai , Kabid , Kasubbid serta Staf. juga dihadiri oleh para tamu kehormatan dari Komandan DenPOM XIV/4 Makassar, Komandan Lantamal VI Makassar, Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Dirkrimsus Polda SulSel .

14 Tahun sudah SPORC berjuang menjaga Sumber Daya Hutan sesuai dengan Motto mereka BERFIKIR TEPAT, BERTINDAK TEPAT,HASIL AKURAT  yang  menjadi bahan bakar pembangkit semangat mereka untuk menuai prestasi di 14 tahun lalu dan di masa yang akan datang.

Terakhir, Wamen LHK Alue Dohong juga menghimbau, Teruslah mengembangkan kapasitas dan kemampuan dalam menghadapi berbagai bentuk kejahatan kawasan hutan, pengembangan kapasitas dan kemampuan ini sangat penting dilakukan untuk menghadapi segala kompleksitasnya pada Kejahatan di lapangan, Dalam mengembangkan modus operandi jaringan, Bahkan yang melibatkan jaringan Trans Nasional pada kejahatan dimana pelaku kegiatan ini ingin mendapatkan keuntungan yang besar sehingga mereka akan menggunakan berbagai cara untuk melakukan dan melindungi yang mereka lakukan termasuk melawan para aparat penegak hukum. ***(IKI)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top